Permintaan Jaminan Tambahan oleh Bank

Saya hendak membeli rumah di daerah Bekasi dari seseorang. Apabila saya melakukan perjanjian jual-beli rumah, apakah perjanjian jual beli saya ini mengikat dan bisa berlaku? Sebab, sepengetahuan saya syarat melakukan perjanjian itu harus dewasa berumur 21 tahun.

Syarat sahnya suatu perjanjian dalam hukum yang berlaku di negara kita diatur di dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) yang dikutip sebagai berikut. “Untuk sahnya suatu perjanjian diperlukan empat syarat: 1. Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya; 2. Kecakapan untuk membuat suatu perikatan; 3. Suatu hal tertentu; 4. Suatu sebab yang halal.” Menurut Pasal 330 KUHPerdata, belum dewasa adalah mereka yang belum genap mencapai umur 21 tahun dan tidak terlebih dahulu kawin.

Artinya, dikatakan dewasa (cakap) apabila telah berumur 21 tahun atau sudah menikah (walaupun belum berumur 21 tahun). Berdasarkan uraian cerita Saudara, apabila dikaitkan dengan peraturan di atas dan apabila Saudara belum menikah, maka Saudara dianggap belum dewasa. Sebagai informasi, pada praktiknya apabila Saudara hendak melakukan pembelian melalui KPR di bank, maka syarat minimum adalah berumur 21 tahun. Saran saya, ada baiknya perjanjian jual-beli rumah tersebut dilakukan sampai Saudara benar-benar berumur 21 tahun. Apabila dari pihak penjual dapat dinegosiasikan, sementara Saudara belum berumur 21 tahun.

Saudara dapat menawarkan kepada penjual untuk dapat menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli terlebih dahulu sekarang, dan Saudara membayar uang muka sebagian dari harga penjualan. Sedangkan pelunasan akan dilakukan pada saat Saudara berusia 21 tahun, dengan ditandatanganinya akta jual beli. Demikian penjelasan singkat ini kami sampaikan. Semoga berguna bagi Bapak.

Pengajuan KPR rumah sekarang ini adalah hal yang banyak dilakukan semua orang. Karena harga rumah dan tanah dari tahun ke tahun semakin tinggi. Karena itulah mereka memutuskan untuk kredit rumah sewaktu harga masih bisa mereka gapai. Meskipun jatuhnya tetap lebih mahal karena angsuran yang begitu lama. Akan tetapi bagi banyak orang itu adalah yang pantas dicoba.

Untuk menjaga kenyamanan rumah sebaiknya pasang sebuah genset otomatis. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 500 kva di Surabaya. Yang selalu memberikan potongan harga dan garansi resmi satu-satunya adalah PT. Rajawali Indo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *