Peluang Angkutan Kapal – Untung Besar Dari Angkut CPO

Peluang Angkutan Kapal – Untung Besar Dari Angkut CPO

Bisnis perkapalan termasuk usaha berisiko tinggi dengan keuntungan yang sangat besar. Adalah Fendi, pengusaha sukses di Pontianak, Kalimantan. Ia memulai usaha di bidang jasa pelayaran pada 2006. Sebelumnya, ia bekerja sebagai distributor di bidang consumer goods. Melihat peluang keuntungan begitu besar yang bisa ditangguk dari bisnis perkapalan, Fendi kemudian bertekad meninggalkan bisnis perdagangan dan beralih ke bisnis jasa pelayaran. Lalu, berdirilah PT Mulia Borneo Mandiri. “Keuntungan bersih yang bisa diperoleh sebesar 60%,” papar Fendi. Menurutnya, risiko yang sering dihadapi yaitu musim yang sulit ditebak. Bagi Fendi, ada 2 musim angin yang perlu diwaspadai. Yaitu musim angin Tenggara.

Sumber : Jasa Seo Semarang

Pada musim tersebut daerah di Laut Jawa akan dilanda gelombang yang besar. Biasanya terjadi pada bulan Juni hingga Oktober. Setelah musim angin Tenggara berlalu, segera disusul musim angin Barat. “Biasanya musim Barat angin bertiup kencang pada akhir Desember hingga Januari. Pada bulan tersebut sering terjadi gelombang dengan ketinggian hingga 4 meter. Pernah kita terjebak badai. Kondisi seperti ini mengharuskan (memiliki) kru kapal yang andal,” kata Fendi. Akibat cuaca yang tak bersahabat, pada 2011, kapalnya pernah tenggelam di daerah perairan Bawean. Saat itu kapal tengah melakukan pengiriman CPO (crude palm oil).

Pengalaman itu memberikan pelajaran bagi Fendi agar selalu melakukan antisipasi yaitu dengan cara melakukan asuransi. Meskipun kapal-kapal yang dimiliki bisa dipergunakan untuk mengangkut BBM (Bahan Bakar Minyak) dan produk cair yang lain, namun saat ini Fendi mengkhususkan usahanya di bidang pengangkutan CPO. Hal ini dilatarbelakangi oleh network yang luas di bidang tersebut. Menurutnya, CPO juga mengenal musim. Sehingga bisnis di bidang ini juga mengalami musim ramai dan ada pula masa sepinya. “Pada saat akhir tahun biasanya terjadi musim panen raya. Sehingga banyak pengusaha menggunakan jasa angkutan kapal saya,” kata Fendi.

Minimal, dalam satu bulan, kapal yang dimiliki dipesan untuk melakukan pengiriman CPO. Puluhan Kapal Asal tahu saja, saat Saat ini Fendi memiliki 20 set tongkang dengan kapasitas muatan bervariasi antara 2.000 ton hingga 6.000 ton. Setiap set terdiri dari 1 tongkang 1 tugboat. Sehingga ada 40 kapal. Harga satu buah kapal Rp25 miliar- Rp30 miliar. Setiap hari, kapal-kapal tersebut beroperasi menurut jalurnya masingmasing. Jalur pengiriman ke Sumatera, meliputi Belawan dan Aceh. Sedangkan tujuan utama di pulau Jawa , adalah Gresik, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *